Senin, 27 Oktober 2014

makalah kebudayaan jepang


MAKALAH KEBUDAYAAN JEPANG



NAMA                AJRIYANI
FAKULTAS         EKONOMI
JURUSAN           MANAJEMEN
NPM                   10214687
KELAS               1EA31(kamis,25-09-14)




Latar belakang
Bumi ini terdiri dari berbagai macam pulau-pulau yang terpisah tiap Negara pasti berbeda-beda. Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai kesenian dan kebudayaan yang ada di Negara Jepang.

Sama seperti halnya Indonesia, Jepang pun memiliki banyak kesenian dan kebudayaan yang berasal dari Negara ini, walaupun Negara ini tidak tidak terlalu luas seperti Indonesia namun Negara ini memiliki kesenian dan kebudayaan yang menarik. berdasarkan Benua, bahkan Negara. Dan di tiap-tiap Negara itu sendiri memiliki banyak perbedaan, baik dari strukut Negara, pemerintahan, bahkan kesenian dan kebudayaan

Kebudayaan dan kesenian jepang meliputi pakaian tradisional jepang, upacara minum teh, ikebana(merangkai bunga), teko(kesenian menerbangkan layang layang), kendo atau judo(olahraga di jepang), matsuri, kabuki(seni teater jepang) dan origami


Pembahasan

Pakaian Tradisional Jepang
Jepang memiliki pakaian Tradisional yang disebut Kimono, sudah banyak orang tau bahwa kimono adalah pakaian Tradisional Jepang. Dahulu kimono digunakan untuk kegiatan sehari-hari, namun pada saat ini, komono hanya digunakan di acara-acara khusu. Kimono bisa di pakai oleh pria atau wanita, kimono pria umumnya lebih sederhana baik dalam design, motif dan juga warnanya yang biasanya didominasi oleh berwarna gelap seperti hijau tua, coklat tua, biru tua atau hitam, sedangkan Kimono untuk wanita dikenal ada beberapa jenis menunjukkan umur pemakai, status perkawinan, dan tingkat formalitas dari acara yang dihadiri. Disamping itu kimono wanita juga memiliki berbagai aksesoris tambahan yang cukup banyak.

Upacara Minum Teh
Upacara minum teh atau yang dikenal dengan Chadō atau Sadō. Adalah upacara yang mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup antara lain tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni di dalam ruangan upacara minum teh (chashitsu).

Ikebana
Ikebana adalan kesenian merangkai bunga yang berasal dari Negara Jepang. Bunga memiliki kehormatan dalam kebudayaan Jepang, karena Bungan dianggap sebagai tempat bersemayamnya Tuhan, sang pencipta. Bunga dirangkai dalam bentuk tertentu dan diletakkan di altar utama. Awalnya dalam pembuatan bunga sangatlah sederhana, namun saat ini pembuatan bunga semakin sulit dan kompleks dan di butuh pembelajaran keahlian dalam pembuatannya.

Tako
Kesenian Layang-layang ini sudah ada sejak jaman periode Nara (649-793 AD). Design layang layang dari negeri ini cukup unik dan sangat mudah dibedakan dengan design layang layang dari negara atau wilayah lain. Mainan ini dianggap berbahaya karena talinya bisa bersentuhan dan mengganggu aliran kabel listrik yang bisa berakibat fatal bagi pelaku dan orang lain. Layang layang hanya bisa dijumpai di event khusus atau dalam festival budaya saja yang mau tidak mau harus mereka hadirkan.

Kendo dan Judo
Kendo adalah olah raga bermain pedang bambu sedangkan Judo adalah nama dari olahraga bela diri dari Jepang. Kata Do yang terdapat pada akhiran kedua kata diatas mempunyai arti yang sama yaitu jalan dan kalau ditulis dengan huruf kanji mempunyai lambang jalan. Peralatan yang digunakan pada Kendo yaitu Seragam yang dikenal dengan nama Kendo gi dan hakama, pedang dari bamboo yang bernama shinai, pelindung kepala atau men, pelindung badan atau do, pelindung tangan atau kote, pelindung paha atau tare.

Matsuri
Matsuri adalah suatu festival budaya rakyat yang umumnya berkaitan dengan festival di kuil baik kuil Shinto (Jinja) maupun kuil Buddha (Tera) yang kebanyakan diselenggaran pada musim panas, pada saat ini matsuri tidak selalu berarti berdoa atau sembahyang, hal itu sudah pasti karena kebanyakan orang datang hanya untuk melihat saja.

Kabuki
Kabuki merupakan salah satu kebudayaan Jepang yang termasuk jenis seni teater karena memiliki unsur cerita yang dipadukan dengan seni tari dan musik. Para pemain mengenakan kostum mencolok dan sangat mewah. Make-up-nya terbilang dramatis untuk menonjolkan sifat dan karakter tokoh.

Origami
Origami berasal dari kata ori yang berarti lipat, dan kami yang berarti kertas ­merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Origami sudah dikenal dibanyak Negara, secara umum untuk membuat origami kita bisa menggunakan kertas biasa namun kebanyakan origami di Jepang menggunakan kertas khusus untuk origami. Perbedaan antara kertas biasa dan kertas origami hanyalah dari segi design dan warna saja yang sangat beragam sehingga membuat origami menjadi semakin indah dan sama sekali tidak berhubungan dengan teknik seperti lipatan kertas menjadi lebih mudah

Tujuan

Tujuan makalah ini dibuat :

1.     Menjelaskan kebudayaan dan kesenian jepang

2.     Ikut melestarikan kebudayaan jepang

3.     Mengajak negara lain mengenal kebudayaan jepang

4.     Menjaga dan memperkenalkan budaya jepang

Analisa SWOT

Analisa SWOT singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).
1.     Memanfaatkan peluang dan kekuatan (O dan S). Analisis ini diharapkan membuahkan rencana jangka panjang.
2.     Atasi atau kurangi ancaman dan kelemahan (T dan W). Analisa ini lebih condong menghasilkan rencana jangka pendek, yaitu rencana perbaikan (short-term improvement plan)
v Strength:kekuatan kebudayaan jepang yaitu sudah terkenal di negara  jepang dan masih di jalan kan hingga saat ini
v Weakness:1.kelemahan dari pakaian kimono yaitu sudah tidak di pakai untuk pakaian sehari-hari,2.Kelemahan dari upacara minun teh yaitu teh di buat secara           alami(tidak instan) dan membuat nya memerlukan waktu  yang lama,3.kelemahan dari ikebana yaitu merangkai bunga nya sangat sulit dan bunga tidak tahan lama,4.kelemahan dari tako yaitu berbahaya bagi penggunanya maupun masyarakat sekitar nya,5.kelemahan dari kendo dan judo tidak ada nya pelindung dibagian tubuh,6.kelemahan dari matsuri yaitu sudah hilang nya nilai agama nya,7.kelemahan dari kabuki yaitu usia nya sudah semakin lama,8.kelemaha dari origami yaitu pembuatan nya sulit
v Opportuniti: karena kebudayaan nya jepang bisa menjadi negara yang                         lebih maju lagi
v Threats:banyak nya budaya asing yang masuk ke jepang sehingga memungkinkan kebudayaan jepang tersisi kan



Daftar pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Judo
http://wildanrenaldi.wordpress.com/tag/apa-itu-origami/
http://satriokeyong.blogspot.com/2013/09/macam-macam-kebudayaan-jepang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar